Ada beberapa macam hubungan yang biasa dijalin oleh kebanyakan pasangan kekasih di seluruh belahan dunia dan salah satunya adalah menjalani hubungan jarak jauh. Yang dimaksud dengan hubungan jarak jauh adalah ketika sepasang kekasih atau sepasang suami istri harus terpisah oleh jarak dan waktu, baik itu antar kota, antar pulau, maupun antar Negara. Sehingga tidak akan mungkin bagi anda dan pasangan anda untuk  bisa setiap saat bertemu seperti layaknya pasangan kekasih dan pasangan suami istri yang lain. Menjalin sebuah hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mudah karena sebagai sepasang kekasih, wajarnya anda dan pasangan anda selalu ingin membagi apapun bersama, baik itu keadaan suka maupun duka.Misalnya saja ada banyak cerita atau kejaidan yang ingin anda ceritakan secara langsung pada pasangan anda atau sangat ingin anda alami berdua bersama pasangan namun jarak yang jauh harus telah memisahkan anda.

Siapkan komitmen

Walaupun hubungan semacam ini sangat sulit untuk dijalani, namun bukan tidak mungkin bagi anda dan pasangan anda untuk terus bersama dan berhasil dalam menghadapi segala masalah yang ada dalam hubungan jarak jauh ini.karena selalu ada solusi untuk setiap masalah, maka untuk masalah hubungan jarak jauh inipun anda juga akan mendapatka solusi dan cara-cara menjalaninya. Untuk tips mempertahankan hubungan jarak jauh yang pertama, yang perlu anda dan pasangan anda lakukan adalah memantapkan komitmen. Hal ini memang sering kali terdengar klise, namun sebenarnya komitmen memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan jarak dekat maupun jarak jauh.Karena komitmen merupakan perwujudan dari niat tulus anda dan pasangan anda dalam menjalin sebuah hubungan.Jika anda dan pasangan anda memiliki komitmen untuk serius dalam menjalani hubungan anda, maka jarak dan waktu bukan lagi menjadi malah yang besar untuk anda jalani bersama pasangan anda.yang perlu anda ingat adalah komitmen anda harus seimbang dengan pasangan anda, jangan sampai berat sebelah karena itu tidak akan berhasil.

Jaga dan tingkatkan kualitas komunikasi

Kemudian, yang perlu anda lakukan dalam menjalin hubungan jarak jauh adalah dengan menjaga kualitas komunikasi.Komunikasi yang baik dalam setiap hubungan, tidak hanya untuk jarak jauh, akan selalu mampu memberi nyawa pada hubungan tersebut. namun, dengan keterbatasan waktu dan jarak untuk bertemu, maka komunikasi dengan cara bertatap muka langsung dalam hubungan jarak jauh akan sangat sulit. Maka dari itu, anda dan pasangan anda harus pandai memanfaatkan fasilitas komunikasi yang ada seperti sms, telephon, video chat, jejaring social dan masih banyak lagisarana komunikasi yang bisa anda manfaatkan.Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, anda bisa berbagi cerita tentang hari-hari anda, bertukar pikiran, berkeluh kesah dan lain sebagainya. Anggap saja pasangan anda sedang berada di hadapan anda saat anda melakukan aktifitas komunikasi tersebut sehingga kualitas pesan anda akan lebih tersampaikan pada pasangan anda.

Samakan tujuan

Yang tidak kalah penting dari kedua tips mempertahankan hubungan jarak jauh di atas adalah kesamaan visi anda dan pasangan anda dalam menjalin hubungan. Anda dan pasangan anda sejak awal harus sudah menentukan hubungan yang sedang anda jalani berdua tersebut akan berarah ke mana, misalnya ke jenjang yang lebih serius seperti pertunangan atau pernikahan. Dengan adanya visi dan tujuan yang sama tersebut, maka anda dan pasangan anda akan tetap semangat untuk mencapai tujuan akhir hubungan anda, sehingga akan jarak dan waktu yang memisahkan anda dan pasangan anda tidak akan lagi terasa berat untuk dijalani. Selain itu, jika anda dan pasangan anda masih mungkin untuk melakukan pertemuan selama hubungan jarak jauh anda karena hanya terpisah kota, maka tidak ada salahnya anda dan pasangan anda saling mengunjungi pada waktu-waktu tertentu. Kerinduan yang sudah lama anda tahan untuk dapat bertemu pasangan anda membuat pertemuan tersebut akan semakin msera dan hangat. Anda juga dapat memberikan kejutan-kejutan berupa kunjungan yang tidak terencana dan tidak anda beritahukan dulu kepada pasangan anda.namun sebelumnya anda harus memastikan bahwa saat anda datang, pasangan anda sedang tidak memiliki acara lain. Sehingga anda bisa benar-benar menghabiskan waktu berdua bersama pasangan anda.

Tanam dan pupuk kepercayaan

Terakhir dan yang terpenting dalam mempertahankan sebuah hubungan jarak jauh adalah menanamkan rasa saling percaya. Mengingat anda tidak dapat selalu memantau keberadaan pasangan anda serta aktifitas apa saja yang dilakukannya dan dengan siapa saja ia melakukannya, maka anda perlu menanamkan rasa percaya yang lebih pada pasangan anda, begitu juga sebaliknya untuk pasangan anda. kecurigaan yang berlebihan justru akan membawa hubungan yang sudah anda jalin selama ini kea rah keretakan dan bahkan kehancuran. Selain itu, anda ataupun pasangan andapun tidak akan pernah merasa tenang karena selalu memikirkan hal yang bukan-bukan dan belum tentu sebenarnya terjadi sehingga anda dan pasangan anda tidak mampu menikmati hubungan yang anda berdua jalin lagi. namun jika memang kecurigaan anda terbukti benar bahwa pasangan anda telah mengkhianati anda, maka anda perlu lebih tegas dalam memberi keputusan untuk pasangan anda. Dengan saling menanamkan rasa percaya pada diri anda sendiri dan pasangan anda, maka anda dan pasangan anda akan saling merasa nyaman dalam menjalani hari-hari anda masing-masing hingga akhirnya waktu untuk anda bertemu dan berkumpul kembali tiba dan anda berdua dapat meraih impian dan tujuan akhir yang sudah anda rencanakan sejak awal.