LDR. Sekarang ini sepertinya semakin banyak saja orang yang demam dengan kata long distance relationship atau sering disingkat LDR. Banyak pasangan yang harus menerima kenyataan bahwa mereka harus terpisah oleh jarak. Banyak faktor yang menyebabkan kenapa mereka harus melakoni sebuah hubungan dimana mereka akan sangat sulit untuk bertemu. Bagi mereka pasangan yang masih sama-sama menempuh pendidikan, mungkin mereka harus bersekolah di dua tempat yag berbeda karena suatu alasan, mau tidak mau mereka harus memutuskan untuk melanjutkan hubungan mereka atau terpaksa harus mengakhiri hubungan mereka.

Tidak sedikit yang mencoba untuk tetap mempertahankan hubungan jarak jauh mereka atas dasar rasa cinta. Rupanya yang harus melakoni hubungan jarak jauh bukan hanya insan muda saja, banyak mereka yang sudah berumah tangga yang juga harus berjuang untuk tetap mempertahankan keutuhan keluarga mereka meski pasangan berada pada lokasi yang berbeda. Semua dilakukan diatas sebuah komitmen, dimana ketika seseorang sudah memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh, sudah semestinya mereka bertanggung jawab atas kelanggengan hubungan mereka. Lantas bagaimana caranya agar hubungan jarak jauh yang anda jalani tetap harmonis dan berbuah kebahagiaan bagi anda dan pasangan anda? Berikut adalah beberapa tips hubungan jarak jauh yang bisa anda coba.

Bagi Anda yang Masih Pacaran

Tips Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh

photo by sheknows

Mungkin akan sangat sulit bagi pasangan muda untuk menjalani hubungan jarak jauh karena kemungkinan keduanya masih sama-sama labil dan masih belum bisa berpikir dewasa. Banyak pengalaman yang menuturkan jika pasangan muda yang menjalani hubungan jarak jauh kebanyakan kandas di tengah jalan karena ketidakberhasilan mereka untuk mengerti keadaan satu sama lain. Pasangan muda tentu saja masih saling bersikap manja dan keras kepala, mereka masih sangat membutuhkan perhatian secara langsung dari orang-orang terdekat. Jika salah satu dari pasangan tersebut tidak bisa menahan dan mengerti dengan status mereka saat itu, maka akan memilih untuk menerima perhatian yang diberikan secara langsung dari orang terdekat. Namun tidak sedikit pula yang benar-benar berniat untuk melanjutkan hubungan ke jengjang rumah tangga. Nah, apa tips yang bisa anda lakukan agar hubungan anda tetap bertahan?

  1. Anda harus memastikan jika pasangan anda memang benar-benar orang yang baik yang tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan dimana dia berada sekarang. Anda harus menyadari jika usia muda itu masa yang paling labil sehingga akan mudah terpengaruh oleh keadaan, jika pengaruh yang didapat positif itu baik, namun jangan kaget jika pasangan anda terkontaminasi pengaruh buruk. Pengaruh yang didapat bisa saja membuat sikapnya berubah pada anda. Jadi pastikan pasangan anda orang baik-baik.
  2. Anda juga harus memastikan jika pasangan anda benar-benar serius mempertahankan hubungan dengan anda. Hal ini memang tidak bisa dipaksakan, namun jika anda merasakannya sendiri maka anda akan yakin dengan sendirinya. Mintalah pendapat teman-teman yang tahu tentang pasangan anda, itu akan sedikit membantu ketika mereka mengomentari pasangan anda. Anda jangan bersikeras mempertahankan pendapat jika pasangan anda orang yang baik baik jika kenyataannya pasangan anda memang tidak baik karena hal tersebut justru akan menyiksa batin anda sendiri ketika mendapati pasangan anda berulah.
  3. Pastikan pasangan anda orang yang taat beragama, meskipun tidak secara langsung berpengaruh, namun orang yang taat beragama pastinya juga mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan kata lain, pasangan anda tidak akan mengecewakan anda meskipun berada di tempat yang jauh dari anda. Hal ini akan membantu anda yakin dengan pasangan anda.
  4. Jika memang niat anda serius, anda harus mempertanyakan komitmen pada pasangan anda. Paling tidak anda harus meminta kejelasan hubungan anda yang disaksikan orang tua anda dan pasangan anda. Tunangan bisa menjadi cara yang tepat, namun jangan terlalu lama bertunangan, lebih baik segera menikah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  5. Jaga hati anda hanya untuk pasangan anda, apa yang anda lakukan sebenarnya akan menjadi cerminan pasangan anda. Jadi, ketika anda bermain hati dengan orang lain maka hal yang sama secara alami akan terjadi pada pasangan anda. Jadi kalau niat untuk serius jangan coba-coba untuk selingkuh.
  6. Komunikasi bagi pasangan jarak jauh adalah tali pengikat yang akan mempertahankan hubungan anda. Jadi buatlah komunikasi dengan pasangan anda sesering mungkin, jangan biarkan sehari saja tanpa komunikasi. Pengertian, kejujuran, dan kesetiaan anda akan tersalurkan melalui komunikasi yang anda lakukan dengan pasangan anda.

Bagi Anda yang Sudah Berumah Tangga

meskipun status anda sudah berumah tangga, namun bukan berarti anda tidak akan mendapat masalah dari hubungan jarak jauh yang anda lakoni. Justru pasangan yang sudah menikah akan banyak mengalami kendala dari hubungan jarak jauh jika ada salah satu dari pasangan yang kurang berkomitmen. Bahkan disarankan bagi anda yang sudah menikah untuk selalu bersama demi meghindari masalah-masalah yang timbul yang bisa merusak rumah tangga anda. Berikut adalah tips hubungan jarak jauh bagi anda yang sudah berkeluarga.

  1. Komunikasi tetap menjadi cara jitu untuk mempertahankan hubungan jarak jauh. Minimal kirim sms yang berbentuk perhatian pada pasangan yang bisa menentramkan hati apsangan anda meskipun berada di tempat yang jauh dari anda.
  2. Sibukkan diri anda dengan kegiatan positif sehingga anda tidak akan selalu memikirkan pasangan anda yang justru akan membuat pikiran anda kacau dan akhirnya menaruh kecurigaan pada pasangan anda.
  3. Hindari kehidupan malam, karena belum tentu pasangan anda menyukainya dan anda harus menghargai pasangan anda. Lagipula anda juga tahu jika kehidupan malam itu sangat tidak baik.
  4. Mencurahkan hati pada orang lain itu perlu selama masih pada porsi tertentu, namun usahakan untuk merahasiakan hal-hal yang seharusnya tidak anda ceritakan pada orang lain, apalagi itu mengenai pasangan anda. Jangan biarkan orang lain turut campur dengan urusan anda.