Sebagai ibu rumah tangga, anda harus selalu membuat masakan untuk anggota keluarga anda. Saat anda hendak memasak sayuran, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Sayuran memiliki kandungan gizi dan vitamin yang cukup tinggi. Untuk memastikan bahwa gizi dan vitamin pada sauran anda tidak rusak, anda harus mengolahnya secara benar. Ada beberapa cara yang dianjurkan agar anda tetap mendapatkan gizi dan vitamin pada sayuran segar anda tanpa perlu dimasak lagi. Kadang, anda hanya perlu mencuci sayuran anda hingga bersih untuk mengkonsumsinya. Namun tidak semua orang dapat mengkonsumsi sayuran mentah. Respon kekebalan tubuh tiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, cara paling aman untuk mengkonsumsi sayuran ialah dengan cara memasaknnya. Untuk meminimalisir berkurangnya kandungan gizi, anda harus memperhatikan beberapa petunjuk dalam memasak sayur.

Apabila anda ingin memasak sayur, hal utama yang harus anda perhatikan ialah menjaga kandungan nutrisi pada sayur anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan ialah memanggangnya. Kulit yang ada pada sayuran akan membantu sayuran tersebut mempertahankan nilai gizinya saat dipanggang. Beberapa contoh sayuran yang cocok ialah tomat, bawang, dan kentang. Selain itu, cara lain yang dapat anda lakukan ialah mengukusnya. Mengukus adalah salah satu jenis masakan yang biasa dilakukan orang banyak. Dengan mengukus maka anda tidak akan menghilangkan gizi yang ada dalam sayuran namun tetap mengkonsumsinya dengan cara yang wajar. Banyak masakan lezat dan menarik yang dibuat dengan cara ini. Selain itu, memasak dengan tekanan tinggi ataupun presto juga akan dapat membantu anda dalam mempertahankan nutrisi di dalam masakan anda. Ada beberapa jenis sayuran yang dapat dimasak dengan cara ini namun ada juga yang tidak. Oleh karena itu, anda perlu memastikan jenis sayuran yang ingin anda masak. Sayuran memiliki berbagai jenis tekstur. Kebanyakan dari jenis sayuran akan berubah menjadi lembek saat dimasak dengan cara ini.

Menumis merupakan salah satu metode memasak sayur yang paling diminati. Ini merupakan cara cepat yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat. Hal yang harus anda lakukan hanyalah menyiapkan penggorengan pipih dan memasaknya dengan minyak sayur diatas wajan melengkung. Saat anda memasak ini, pakailah minyak yang baru kemudian sertakan minyak tersebut pada tumisan. Selain itu, memasak tanpa air juga akan membantu anda dalam memasak sayuran. Anda juga dapat mencoba memasak sayuran anda dengan cara merebus. Dengan merebus masakan, maka anda juga akan meminimalisir resiko kehilangan nutrisi pada sayuran anda