Memasak daging biasanya memang perlu usaha tersendiri. Kita harus pas dalam memilih jenis dagingnya, cara memotong, dan waktu memasaknya. Jika salah dalam melakukan ketiganya, daging yang kita masak bisa alot dan tidak enak dimakan. Nah, kali ini kita akan berikan tips memasak daging empuk dan enak. Tips ini akan meliputi tiga jenis daging yang biasa kita masak, yaitu daging ayam, daging sapi, dan daging kambing.

Daging ayam

Daging ayam adalah daging yang paling umum dikonsumsi masyarakat kita karena mudah didapat dan harganya terjangkau. Saat membeli daging ayam, pilihlah daging yang berwana putih kekuningan dan lemaknya terlihat merata di bawah kulit. Daging segar akan terasa kenyal dan elastis saat ditekan. Daging segar juga akan tercium aroma segar dan tidak amis. Jika masih tercium bau amis yang cukup kuat saat akan diolah, lumuri daging ayam dengan bumbu bawang putih dan jahe lalu diamkan selama 30 menit. Barulah daging ayam siap dimasak sesuai resep yang Anda inginkan.

Daging ayam paling sering dimasak dengan cara digoreng, baik dengan adonan tepung roti atau diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Apapun resep yang Anda pilih, pastikan Anda menggunakan minyak yang cukup banyak agar daging ayam matang sempurna. Goreng daging ayam ketika minyak sudah panas. Setelah daging matang, kecilkan api. Menggoreng daging ayam hingga matang merata hanya membutuhkan waktu 15-20 menit.

Daging Sapi

Selanjutnya dari tips memasak daging empuk dan enak adalah tips memilih dan memasak daging sapi. Daging sapi dihargai lebih mahal dari daging-daging lain. Jangan tergoda membeli daging sapi yang ditawarkan dengan harga murah. Pilihlah daging sapi yang pasti sehat dan aman. Daging sapi jenis ini biasanya berwarna merah, tua, tidak kusam, dan aromanya segar. Daging sapi sehat juga terasa kenyal dan tidak terlalu berair.

Memilih daging sapi sebaiknya disesuaikan dengan jenis masakan yang akan Anda buat. Jika ingin membuat kaldu sapi, pilihlah tulang atau bagian daging dekat paha. Untuk rebus, pilihlah bagian bagian perut (sandung lamur) dan untuk panggang, pilihlah daging bagian paha. Untuk tumis, pilihlah daging sapi bagian has dalam. Pemotongan untuk setiap jenis dan pengolahan daging sapi juga berbeda-beda. Namun secara umum, potonglah daging jangan terlalu besar dan tebal agar bumbu mudah meresap.

Daging Kambing

Tidak semua orang menyukai daging ini karena baunya yang prengus dan seratnya yang cukup alot. Daging kambing lebih sering disajikan pada perayaan tertentu saja. Namun, dengan pengolahan yang tepat, Anda juga bisa menyajikannya menjadi masakan rumah yang sedap. Untuk membuat sate kambing misalnya, pilihlah daging yang warnanya yang merah segar dan kenyal dari bagian has. Untuk menghilangkan bau prengus dan melunakkan teksturnya, lumuri daging dengan nanas parut. Rempah dalam bumbu juga bisa menghilangkan bau prengusnya. Semoga tips memasak daging empuk dan enak ini bermanfaat untuk Anda.