Make-up dapat meningkat keindahan wajah seseorang. Dengan sentuhan maskara, foundation, riasan mata serta warna bibir yang tepat, Anda bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan.  Termasuk bagi wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Dengan tips memakai make-up yang tepat, Anda bisa menyembunyikan garis halus dan noda di wajah. Ada juga beberapa produk anti penuaan yang tersedia di pasaran yang dapat membantu Anda mempertahankan kecantikan lebih lama.

Tampil Memikat Dengan Make-Up Tepat

Berikut adalah make-up dan produk kecantikan yang harus dimiliki wanita 40 tahunan:

  • Krim anti-aging
  • Foundation
  • Pelembab
  • Pensil alis
  • Eye shadow
  • Lip balm
  • Concealer
  • Lip liner
  • Lipstik
  • Blush on
  • Maskara

Dan inilah tips make-up untuk Anda, wanita di atas 40 tahun yang ingin tetap terlihat memikat:

  • Bentuklah alis dengan cantik
  • Daripada menggunakan pinset, Anda dapat meminta bantuan orang yang lebih profesional untuk membentuk alis Anda. Untuk menghilangkan bulu halus di wajah, Anda juga dapat meminta tweezing. Pada usia 40an, alsi mata biasanya akan menjadi tipis dan juga memudar warnanya. Untuk memperkuat tampilan alis, Anda dapat menggunakan bedak, pensil alis atau gel. Selalu pilih bedak, pensil alis atau gel yang sesuai dengan warna alami alis Anda.
  • Gunakan foundation dengan rata

Campurkan foundation cair dengan sedikit pelembab cari, lalu terapkan ke seluruh wajah dan leher. Pilih warna foundation yang dapat memantulkan cahaya.

  • Terapkan bedak dengan lembut

Selalu pilih bedak yang halus dan sesuai dengan warna kulit Anda.

  • Ronakan pipi dengan blush on
  • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih muda, Anda dapat menerapkan blush ke pipi. Lebih baik gunakan blush krim daripada yang bubuk.
  • Dapatkan bulu mata lentik

Gulung bulu mata selama beberapa detik sampai terlihat lentik. Agar tak jadi terlihat menyeramkan, jangan gunakan eye shadow yang terang dan berkilau-kilau. Pilih warna eye shadow yang netral.

  • Ekspresikan dengan eye liner

Eyeliner dapat menambah sorot mata ekspresif Anda. Anda dapat menerapkan eye liner di sudut luar mata.

  • Berikan volume ekstra

Untuk menambah volume mata bulu mata, gunakanlah maskara.

  • Lembabkan dan cerahkan bibir

Terapkan lip balm untuk melembabkan bibir. Oleskan dari tepi sampai tengah bibir. Selanjutnya barulah aplikasikan warna lipstick yang sesuai. Foundation dan bedak dapat membantu mempertahankan warna lipstick. Gunakan lip liner untuk mempertegas bibir.

Usia 40an rentan dengan kulit kering akibat penuaan. Untuk menghindarinya, Anda perlu minum banyak air putih dan jus buah yang kaya akan vitamin E dan A, misalnya jus apel, jus alpukat, dan jus pepaya. Selain itu juga  selalu gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembab yang digunakan saat berusia 20an mungkin sudah tidak cocok lagi, karena itu carilah yang lebih banyak mengandung bahan pelembab alami. Jika kulit Anda menjadi berminyak akibat pelembab, itu artinya Anda tidak cocok dengan pelembab tersebut. Hindari menggunakan make-up yang tebal pada kulit kering. Lebih baik aplikasikan secara ringan saja. Perbanyak menggunakan pelembab. Bagaimanapun melanin di dalam kulit kita berubah seiring bertmabahnya usia. Kita bisa menyamarkan efeknya dengan rajin menggunakan pelembab dan masker wajah. Jika Anda memiliki kulit yang normal dan cerah, jangan memakai foundation terlalu banyak. Gunakan seperlunya dan pilih yang warnanya sesuai dengan kulit Anda. Jangan menggunakan warna-warna make-up yang trendi seperti yang dipakai perempuan mudah. Terapkan make-up bergaya netral dengan sapuan yang lembut. Itu akan memberikan kesan lebih matang di usia 40an Anda. Dan Anda patut mendapatkan pujian. Untuk rambut, biasanya model rambut panjang tidak cocok untuk wanita 40an. Anda bisa coba memotong rambut dengan model pendek yang anggun. Dan karena di usia tersebut warna kulit cenderung memudar, Anda bisa mewarnai rambut sesuai warna kulit Anda.

Tips Memilih Warna Make-Up Yang Sesuai

Untuk membantu Anda memilih warna make-up yang benar-benar sesuai dengan  warna kulit Anda, simak tips berikut. Bandingkan kulit wajah Anda dengan selembar kertas putih, lalu klasifikasikan apakah gelap, kuning langsat, zaitun, kecokelatan, kemerahan atau cerah. Jika warna kertas setingkat lebih cerah daripada warna kulit Anda, artinya Anda memilki nuansa kulit yang hangat. Sedangkan jika warna kertas seperti kalah putih daripada warna kulit Anda, artinya Anda memiliki warna kulit dingin. Nuansa make-up cerah akan cocok untuk warna kulit hangat. Tapi perhatikan untuk lebih memilih nuansa keperakan daripada keemasan pada make-up. Orang dengan warna kulit hangat harus menggunakan foundatain dengan warna dasar kuning. Beige, almond dan nuansa tembaga juga dapat menjadi eksperimen yang bagus. Sedangkan mereka yang memiliki warna kulit dingin harus menggunakan foundation rose atau gading.

Jika Anda memiliki warna kulit dingin, tingkatkan warna kulit dengan blush on bernuansa plum, rose, merah muda atau lembayung. Sedangkan untuk warna kulit hangat dapat menggunakan warna-warna berani seperti merah dan coral atau memilih untuk tetap terlihat lembut dengan nuansa cokelat atau netral. Untuk warna lipstick, wanita dengan warna kulit langsat, gelap, dan cerah dapat memilih warna merah marun atau lavender. Warna merah akan lebih cocok untuk pesta malam hari. Sedangkan saat siang, gunakan lisptik warna matte. Atau gunakan lip gloss dengan nuansa netral. Penampilan Anda pun sempurna.