Sudah pernahkan Anda mendengar tentang senam Zumba? Jika belum, Anda perlu mengetahuinya sekarang. Senam Zumba adalah senam fitness-aerobic gaya baru yang diciptakan oleh seorang penari professional sekaligus koreografer asal Miami, Alberto Perez. Dalam senam gaya baru buatannya, Beto, sapaan akrab sang koreografer, menyisipkan beberapa gerakan-gerakan dinamis dan atraktif ala penari hip hop dipadu dengan gerakan cantik dan ritmis ala penari samba dan salsa. Sejak pertamakali diperkenalkan, senam Zumba benar-benar telah menyedot banyak perhatian dari berbagai kalangan bahkan para bintang seperti Jennifer Lopez, Madonna, sampai pesebakbola Wayne Rooney pun menggandrungi senam fitness tersebut. Sejatinya, senam Zumba ini selain memberi kesenangan juga mampu mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh dan kesehatan. Anda mau tahu apa saja manfaat senam Zumba? Mari kita simak bersama.

Senam Zumba pertama kali diperkenalkan di Indonesia secara langsung oleh penciptanya sendiri pada tahun 2001. Sejak saat itulah muncul beberapa klub senam Zumba di Indonesia khususnya di Jakarta. Beberapa sumber menyebutkan bahwa senam Zumba kaya akan manfaat bagi kebugaran dan kesehatan. Gerakannya yang merupakan kombinasi antara gerakan cepat dan lambat serta mengharuskan seluruh anggota badan bergerak secara ritmis membuat senam fitness ini mampu membantu tubuh membakar timbunan lemak. Gerakan yang lincah ala penari hip hop, samba, dan salsa dengan diiringi musik yang atraktif bermanfaat untuk melatih otot-otot pada lengan, perut, dan kaki agar menjadi lebih kencang.  Manfaat senam Zumba tak hanya sampai disitu melainkan juga melingkupi kesehatan pernafasan dan pelatihan kardio untuk jantung dan peredaran darah. Dalam perkembangannya, senam Zumba dibagi dalam tiga jenis sesuai tingkatan usia dan tujuan. Ada Zumba Gold untuk peserta yang lanjut usia, Zumba Fitness untuk usia remaja sampai dewasa, dan Zumbatomic untuk anak usia 4-12 tahun. Kadang kala, saat melakukan senam, instruktur memperbolehkan peserta untuk membawa barbell tangan berukuran kurang lebih 1kg untuk membantu pembentukan dan perampingan lengan. Selain manfaat dalam kebugaran, senam Zumba juga memiliki manfaat untuk membuang mood negatif dan menggantinya dengan mood yang positif. Senam ini dapat juga dijadikan sebagai sarana hiburan yang menyehatkan.

Senam Zumba memang memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat terutama kaum hawa. Manfaat senam Zumba memang beragam mulai dari pembakaran lemak, pengencangan otot, pelatihan kardio, pelatihan pernafasan sampai manfaatnya sebagai mood booster. Nah, bila Anda berdomisili jauh dari Jakarta dan di kota Anda belum ada klub senam Zumba Anda tak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa melakukan senam Zumba dengan mendownload beberapa videonya dari situs Youtube. Jika ingin merasakan senam yang lebih seru, Anda dapat mengajak teman-teman kantor atau tetangga rumah untuk mencoba senam asyik asal Amerika ini.