Menanamkan rasa percaya diri pada anak sangat perlu kita lakukan sejak anak masih dalam usia dini. Hal ini sangat penting mengingat efek jangka panjang yang akan diperoleh anak kita saat mereka dewasa kelak. Rasa percaya diri sangat peting untuk dimiliki oleh siapapun agar dalam menjalani kehidupan bersosial kita tidak merasa rendah diri dan terbelakang. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang dibekali dengan rasa percaya diri yang cukup dalam diri mereka dan hal ini, tak jarang, membuat kehidupan mereka menjadi terhambat. Walaupun percaya diri adalah salah satu sifat manusia yang dimiliki sejak lahir, namun bukan tidak mungkin rasa itu kita tumbuhkan agar dapat membawa kebaikan kedepannya.

Sebelum kita membahas tentang cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menanamka rasa percaya diri pada anak, pertama-tama, kita harus mengerti terlebih dahulu tentang konsep percaya diri yang sesungguhnya.Percaya diri berbeda dengan sombong. Yang perlu kita tanamkan pada diri anak kita adalah bahwa percaya diri itu tentang merasa yakin dan bangga dengan apa yang diri kita miliki. Bukan berarti kita harus meremehkan orang lain namun percaya diri adalah bagaimana kita menghargai apa yang telah kita miliki dalam diri kita dan kemudian mengembangkan kemampuan-kemampuan yang kita miliki. Agar anak dapat memilik pemikiran yang demikian, maka kita perlu melakukan beberapa langkah yang seharusnya kita lakukan sejak anak kita usia dini. Langkah-langkah tersebut antara lain:

  • Memberi contoh. Kita sebagai orang tua akan menjadi objek pertama yang ditiru oleh anak-anak kita, maka kita harus memberikan contoh bahwa kita juga punya sifat percaya diri dengan tidak sering mengeluh baik lewat perkataan maupun perbuatan, misalnya. Kita harus membiasakan diri denganselalu berpikir positif dan tidak ambil pusing terhadap hal-hal yang sepele yang jika kita lakukan hanya akan membuat kita minder dan stress.
  • Terhadap anak kita, kita dapat menanamkan rasa percaya diri itu secara tidak langsung dengan selalu memberikan apresiasi atas hal-hal baik yang dilakukan anak kita. Pujian yang kiita berikan akan membuat anak merasa bahwa dirinya bisa berperan dalam sesuatu. Ini adalah awal yang baik untuk sifat percaya dirinya.
  • Kita harus memberi kebebasan pada anak kita untuk menyampaikan keinginannya, baik itu dalam hal memutuskan sesuatu ataupun dalam berekspresi. Kita harus memberinya kesempatan pada anak kita untuk memilih sesuatu dan kita harus menghargainya karena tiap orang memiliki minat yang berbeda.
  • Sebaiknya kita menghindari kebiasaan membanding-bandingkan karena hal ini dapat membuat anak menjadi rendah hati.

Jika dilakukan sejak dini, langkah-langkah tersebut di atas akan mampu mengantarkan anak kita ke kehidupan yang lebih percaya diri kedepannya. Dia akan lebih optimis dalam menghadapi kehidupannya. Itulah manfaat yang akan didapatkan jika sejak dini kita menanamkan rasa percaya diri pada anak.