Bagi anda yang tidak ingin bekerja dibawah orang lain dan menjadi bos bagi diri sendiri, maka anda harus mulai memikirkan soal wirausaha. Wirausaha menjadikan anda bos bagi diri sendiri, dan mampu menggaji orang lain. Banyak orang yang merasa bahwa memulai sebuah usaha itu sangat sulit dan memerlukan modal yang sangat besar. Tapi tidak melulu harus seperti itu. Anda juga dapat memulai usaha dari hal-hal yang menjadi hobi anda.

Usaha kecil yang sesuai dan bisa anda lakukan dalam usia muda mungkin adalah usaha jual beli online. Usaha ini sedang marak belakangan ini. Dengan banyaknya pengguna internet dan maraknya perkembangan jejaring sosial di masyarakat memudahkan anda berjualan tanpa harus memiliki tempat. Usaha jual beli yang anda lakukan sebaiknya dimulai dari barang-barang yang menjadi kesukaan anda atau barang-barang yang sering anda beli untuk dipakai diri sendiri.

Bagi para wanita yang suka membeli tas, ada baiknya anda memulai usaha online dengan menjual tas. Anda tidak perlu membeli tas dalam jumlah yang banyak. Anda cukup memphoto tas-tas yang sudah anda beli untuk anda sendiri dan tawarkan kepada teman-teman anda. Pastikan anda mempunyai toko langganan anda sendiri yang bisa memberikan harga murah untuk anda. Begitu pula bagi anda yang hobi membeli pakaian, sepatu atau barang-barang lainnya. Anda dapat menawarkan barang yang baru anda beli kepada teman-teman anda. Jika anda memulai usaha dari hal kecil yang anda suka, anda jadi tidak merasa terbebani dengan usaha ini. Awali usaha online anda dengan menawarkan benda-benda tersebut kepada teman-teman sekitar anda terlebih dahulu. Jika anda sudah bisa mengatur ritme usaha anda, anda bisa mulai menawarkan barang-barang anda kepada teman-teman di jejaring sosial anda. Sambil berteman, anda bisa juga sambil usaha. Jika anda sudah mulai merasa percaya diri melayani pangsa konsumen yang lebih besar, anda bisa membuat blog tentang barang-barang yang anda perjualkan.

Memiliki jejaring sosial penting bagi anda yang ingin memulai usaha online. Karena anda dapat menemukan konsumen dari teman-teman anda yang tak terduga. Jika pelayanan dan barang dari anda dinilai baik, maka tidak heran teman-teman anda akan memberitahukan teman-teman mereka yang lain, sehingga konsumen anda bisa bertambah banyak. Bagi anda yang masih muda, dan baru memulai usaha kecil anda, anda tidak perlu terlalu memikirkan soal omset yang harus dicapai, karena anda melakukan usaha kecil anda didasari dengan rasa suka. Usaha jual beli online kini makin meluas karena keuntungan yang bisa didapat si penjual maupun juga pembeli. Bagi pembeli, mereka tidak perlu repot pergi ke luar untuk membeli barang yang mereka sukai, dan bagi anda penjual, anda tidak perlu memikirkan tempat untuk berjualan dan bisa menghemat modal anda.