Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan satu negara bernama Korea Selatan. Negara di Asia Timur ini akhir-akhir ini sangat melejit namanya karena banyak hal yang menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Ambil saja contoh bagaimana musik Korea Selatan yang biasanya dikenal dengan K-Pop menjadi semacam trend saat ini. Demam Korea yang juga disebut sebagai Hallyu Wave ini bahkan bisa dibandingkan dengan Hollywood Wave. Banyak sekali orang yang mengidolakan para penghibur dari Korea Selatan. Sebenarnya tidak hanya musiknya saja yang digandrungi orang-orang.

Film, drama, bahkan makanan khas Korea Selatan menjadi sangat populer. Namin pada saat ini kita tidak akan membicarakan tentang itu. Kita akan lebih terfokus bagaimana gaya berpakaian orang Korea Selatan juga menjadi suatu hal yang inspiratif. Karena kepopuleran musik K-Pop dan juga filmnya yang sangat santer akhir-akhir ini, tentu saja gaya berpakaian sang idola juga akan menjadi satu hal yang menarik untuk ditiru dan diikuti. Terlebih lagi, memang bisa dikatakan gaya berpakaian para pelaku seni dari negeri ginseng memang cukup unik dan tampaknya menarik untuk diikuti. Lalu apa saja sih trend fashion Korea yang bisa kita bahas di sini? Mari kita lihat lebih jauh lagi.

Pada dasarnya, karena Korea Selatan merupakan negara dengan empat musim, trend fashionnya juga dibagi menjadi empat yaitu gaya berpakaian musim panas, semi, gugur, dan salju. Masing-masing gaya berpakaian berdasar musim tersebut memiliki ciri khasnya sendiri terutama jika kita menengok gaya berpakaian tokoh-tokoh idola kita.

Trend Fashion Korea Musim Panas

Saat musim panas tiba, seperti kebanyakan orang dari negara lain yang memiliki empat iklim, orang Korea juga ingin menikmati hangatnya matahari. Oleh karena itu, trend fashionnya sangatlah simpel bahkan cenderung minim. Bagi para pria, biasanya mereka menggunakan kaos atau t-shirt kasual yang dipadu padankan dengan jeans atau celana pendek dengan bahan kain yang nyaman. Untuk alas kaki, mereka biasa menggunakan sepatu sneakers atau sandal. Untuk para wanitanya, terutama yang masih muda, mereka menggunakan kaos atau tank top dengan bawahan celana hot pants atau celana pendek. Mereka juga bisa menggunakan rok. Sandal atau sepatu kets yang kasual biasanya menjadi pilihan untuk alas kakinya.

Sedangkan untuk aksesoris musim panas, topi dan kaca mata hitam menjadi pilihan utama. Untuk pemilihan warnanya, sebenarnya orang Korea Selatan tampaknya memiliki kesamaan selera dengan orang Jepang yang terkenal dengan gaya harajukunya saat musim panas. Mereka cenderung memilih warna-warna yang terang untuk gaya musim panasnya. Ambil saja contoh penampilan seorang gadis yang menggunakan tank top warna puth, rok berwarna pastel, sepatu heels yang santai berwarna pastel juga, dan aksesories seperti gelang warna-warni atau jam tangan berwarna terang. Ternyata gaya semacam itu sangat menarik.

Trend Fashion Korea Musim Gugur

Karena udara musim gugur cenderung lebih kering daripada musim panas dan suhu sekitar sudah cukup menurun, gaya berpakaiannya juga cenderung lebih tertutup dan berwarna gelap. Tentu saja tujuannya adalah untuk menjaga agar badan bisa tetap hangat sehingga orang-orang Korea bisa beraktivitas dengan nyaman. Pilihan pakaiannya bisa tetap menggunakan kaos atau t-shirt namun tidak umum pagi wanita dan gadisnya untuk memilih tank top. Biasanya mereka menggunakan lapisan lain selain kaos tersebut seperti dengan menggunakan jaket yang kasual ataupun hoody. Wanitanya bisa mengenakan blazer.

Celana panjang atau jeans belel bisa menjadi pilihan bagi para prianya. Para wanita atau gadis juga bisa menggunakan celana panjang atau jeans. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mengenakan rok atau celana pendek. Akan tetapi, mereka menambahkan aksen dari penampilan mereka dengan mengenakan legging yang berfungsi untuk membuat penampilan mereka lebih tampak menarik dan juga untuk membuat kaki menjadi hangat. Untuk pilihan alas kakinya tidak ada yang berbeda dari trend fashion Korea saat musim panas walaupun sandal sudah cukup berkurang intensitas penggunaannya.

Trend Fashion Korea Musim Dingin

Ketika musim dingin telah tiba pada akhir tahun sampai awal tahun berikutnya, semua orang Korea pasti akan mengenakan pakaian yang lebih tebal dan hangat serta berwarna lebih gelap lagi. Namun ada perbedaan yang cukup menarik untuk disimak dari gaya berpakaian orang Korea saat musim gugur dengan orang dari negara lain seperti di Eropa atau Amerika. Mereka tetap mengenakan beberapa aksesoris yang mencolok dan di situlah letak keunikan trend fashion Korea ini.

Ambil saja contoh bagaimana seorang pria mengenakan coat yang didalamnya ada kaos tebal atau sweater, celana panjang hangat, sepatu boots, dan syal. Mungkin sampai tahap ini tidak ada yang mencolok mata. Namun, orang Korea gemar mengenakan hal-hal yang lucu dan menarik perhatian seperti penutup telinga yang besar dan berwarna cerah atau sarung tangan imut yang berwarna-warni pula. Hal yang sama juga dilakukan oleh para wanita atau gadisnya walaupun tidak semua orang di Korea memiliki gaya seperti itu.

Trend Fashion Korea Musim Semi

Udara yang menghangat dan juga matahari yang sudah mulai bersinar dengan diiringi menghilangnya salju membuat orang-orang di Korea juga merubah gaya berpakaian mereka. Jaket-jaket hangat mulai ditinggalkan dan diganti dengan pakaian yang lebih kasual. Sebenarnya gaya berpakaian pada musim semi mirip-mirip dengan musim gugur namun tidak terlalu tertutup dan lebih berwarna.

Memang di negara kita ini yang hanya memiliki dua musim, tidak semua gaya berpakaian seperti yang tersebut di atas bisa kita contoh dan kita kenakan. Akan tetapi paling tidak gaya berpakaian saat musim semi, panas, dan gugur bisa kita aplikasikan dengan melihat kondisi sekitar. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi inspirasi fashion anda.