Semua orang tentu saja ingin menikah dengan pasangannya dan hidup bahagia. Namun ternyata tidak semua orang sanggup dan mau untuk berkomitmen dengan mengikat diri melalui pernikahan. Ada beberapa orang, terutama laki-laki, yang mengesampingkan pernikahan sebagai tujuan utama yang ingin mereka capai. Nah untuk mengetahui apakah pasangan anda saat ini temasuk ke dalam kelompok orang tersebut atau tidak, anda bisa memperhatikan beberapa tanda pria tidak yakin untuk menikah di bawah ini.

1. Jarang Membicarakan tentang Pernikahan

Ketika sedang tidak menginginkan sesuatu, pria akan cenderung menghindari dan berusaha untuk tidak membicarakan hal tersebut dengan siapapun, terutama dengan pasangannya. Hal ini juga berlaku pada masalah pernikahan. Bagi sebagian pria, pernikahan merupakan hal tabu yang tidak penting untuk dibicarakan. Hal ini bisa terjadi karena pria tersebut masih ingin hidup bebas sesuai dengan keinginannya sendiri, takut berkomitmen, takut untuk bertanggungjawab pada kehidupan orang lain atau belum mau untuk menikah dalam waktu dekat. Biasanya pria yang jauh lebih mementingkan karir dibandingkan dengan hubungan percintaan, menjauh dari bahasan pernikahan karena mereka juga ingin mengejar karir setinggi-tingginya sebelum mereka memutuskan untuk menikah. Faktor lain yang mempengaruhi pemikiran seperti ini adalah gaya hidup orang Barat yang mulai diadaptasi oleh beberapa orang di Indonesia. Mereka merasa tanpa terikat dalam pernikahan pun, ia dan pasangannya masih bisa hidup satu rumah dan bersikap layaknya suami-istri.

2. Menjauhkan Dirinya dari Pasangan

Pria yang takut atau tidak mau menikah akan cenderung pergi menjauh dari pasangannya, terutama ketika si pasangan menyinggung atau menyindir masalah pernikahan. Meskipun pasangannya tidak melakukan kesalahan apapun, ia akan pergi menjauh dan sikapnya pun ikut berubah.

3. Pura-Pura Tidak Tahu saat Pasangan Menyindirnya tentang Pernikahan

Ketika anda ingin mencoba memancing pasangan anda dengan menyindirnya masalah pernikahan, ia akan bersikap pura-pura tidak mengerti sindiran tersebut atau mengalihkan pembicaraan ke topik lain. Bahkan terkadang ia akan menjadi marah dan gusar saat disinggung tentang pernikahan. Dan meski terlihat sepele, hal-hal kecil yang seperti ini bisa menjadi tanda penting untuk menilai apakah pasangan anda adalah pria yang takut menikah atau tidak.

4. Jarang Mengajak Pasangan untuk Bertemu dengan Keluarganya

Jika anda sudah berpacaran dengan dia selama bertahun-tahun namun anda belum pernah diperkenalkan sama sekali dengan orang tua atau anggota keluarganya yang lain, atau anda hanya pernah bertemu dengan mereka beberapa kali, anda patut mencurigai keseriusan pasangan untuk meminang anda sebagai istri. Tentu jika serius menjalin hubungan dengan anda, ia akan dengan bangga membawa anda kepada keluarganya dan memperkenalkan anda sebagai calon istrinya.

Tanda-tanda diatas hanyalah beberapa tanda umum yang menunjukkan ketika seorang pria tidak atau belum siap untuk menikahi pasangannya. Sebenarnya, anda bisa membicarakan hal ini secara baik-baik dengan pasangan anda. Cari tahu alasan dibalik ketidaksiapan atau ketidakyakinannya untuk menikah dengan anda. Dengan begitu, anda dan pasangan akan bisa mencari solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan yang ada.