Penampilan cantik dan menawan dapat ditunjang dengan penggunaan makeup yang rapi dan bagus. Berbagai produk makeup dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Foundation, bedak, maskara, eyeliner, pensil alis, eyeshadow, lipstick, dan blush on dapat dengan mudah Anda beli di toko-toko kosmetik maupun supermarket. Berbicara mengenai jenis alat rias yang wajib dimiliki oleh kaum wanita, tentunya Anda semua setuju bila kita memilih bedak sebagai alat tata rias yang wajib dimiliki. Ya, bedak memang wajib dimiliki kaum hawa karena memiliki fungsi utama untuk memperhalus tekstur wajah, menyamarkan noda, dan mencerahkan warna kulit. Namun, tahukah Anda bedak jenis apa yang cocok untuk kulit wajah Anda? Apa pula fungsinya bagi wajah Anda menurut jenisnya? Agar Anda tidak semakin bingung dalam memilih jenis bedak,yuk simak informasinya berikut ini.

Jenis bedak yang secara umum digunakan untuk riasan wajah ada dua, yakni bedak padat dan bedak tabur.

Bedak Padat

Bedak padat atau compact powder adalah jenis bedak yang berwujud padat karena proses pemadatan dengan tekanan. Bedak jenis ini dapat digunakan dengan cara mengusapkan spons atau kuas pada bedak. Bedak padat memiliki tekstur yang agak berat. Biasanya bedak padat sudah ditambahkan dengan foundation jadi lebih mudah menempel pada kulit. Bedak padat sangat cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit yang cenderung kering. Hal ini karena bedak padat memiliki formula untuk menjaga kelembaban kulit yang disebut moisturizer. Selain fungsinya untuk melembabkan kulit, bedak padat juga mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Teksturnya yang mudah menempel sangat cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya pun lebih merata. Akan tetapi formulanya yang berat sering kali tidak cocok untuk beberapa jenis kulit.

Bedak Tabur

Berbeda dengan bedak padat atau compact powder. Bedak tabur atau biasa disebut loose powder terbuat dari komposisi yang sama namun bedak ini tidak dipadatkan. Anda dapat mengaplikasikannya dengan menaburkan bedak diatas spons ataupun menyapukan ujung kuas ke permukaan bedak. Bedak jenis ini sedikit dusty atau menimbulkan efek berdebu, jadi dalam penggunaanya Anda harus hati-hati. Berbeda dengan compact powder, loose powder memiliki formula yang ringan. Biasanya bedak jenis ini cocok untuk kulit remaja. Selain untuk kulit remaja, bedak tabur juga sangat pas untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak. Teksturnya yang ringan dapat melekat sempurna di kulit Anda dan mengurangi produksi minyak pada wajah Anda sehingga wajah Anda tidak terlihat mengkilap. Selain itu, bedak tabur juga pas untuk Anda yang sudah menginjak usia 40 tahun. Hal ini dikarenakan bedak tabur mampu melekat sempurna pada kulit yag telah keriput. Karena bedak tabur tidak terlalu memberikan efek menutupi noda di wajah, jadi Anda disarankan untuk menggunakan foundation terlebih dahulu, baru kemudian menambahkan sapuan bedak tabur diatasnya. Sayangnya Anda tidak begitu disarankan untuk menggunakan bedak tabur saat menghadiri sebuah acara yang cukup lama karena bedak tabur mudah luntur oleh keringat.

Bedak padat dan bedak tabur memang memiliki perbedaan dalam bentuk dan fungsinya. Namun, keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu untuk menunjang penampilan Anda. Lalu, jenis bedak manakah yang Anda pilih sekarang?