Dengan semakin berkembangnya kreatifitas dan kemampuan bermusik band dalam negeri, semakin banyak pula band-band tanah air yang bermunculan di pasaran musik Indonesia. Karena terlalu banyaknya band baru yang bermunculan, terkadang masyarakat menjadi bingung untuk memilih dan hal ini tentu saja berdampak pada penjualan album band-band tersebut. Itulah sebabnya anda dapat menemukan banyak band baru yang tidak bertahan terlalu lama dalam industri dalam negeri dan hilang begitu saja. Diantara banyaknya band yang timbul tenggelam dalam industri musik ini, ada beberapa band lama yang menyandang gelar sebagai band dengan bayaran termahal di industri musik Indonesia dilihat dari bayaran yang harus dibayarkan oleh pihak yang mengundang mereka untuk tampil. Hal ini tentu sangat kontras dengan bagaimana band baru berjuang dengan keras untuk mempertahankan posisinya di industri musik dalam negeri dengan cara memberikan tarif yang murah.

Band pertama yang menyandang gelar sebagai band dengan bayaran termahal adalah Slank. Band ini sudah berkecimpung di industri musik dalam waktu yang sangat lama dan memiliki jutaan fans di seluruh Indonesia. Tidak heran jika promotor harus merogoh kocek sekitar 500 juta per show untuk mendatangkan Slank ke acara mereka. Harga ini dirasa sebanding dengan perkiraan jumlah penonton yang akan datang ke konser mereka, melihat sejauh ini tidak pernah ada satupun konser Slank yang tidak dipenuhi oleh lautan manusia. Sebagian besar dari tiket-tiket konser mereka pun selalu terjual habis.

Posisi yang kedua dalam daftar band dengan bayaran termahal dipegang oleh Dewa 19. Band yang tidak kalah lamanya berjaya dengan Slank dalam industri musik dalam negeri ini mematok tarif sekitar 490 juta untuk sekali penampilan. Harga ini sangat fantastis mengingat banyaknya problema yang terjadi dalam tubuh band ini. Agaknya vokalis dan personel yang silih berganti dan proyek-proyek pribadi diluar band tidak mengurangi jumlah fans setia mereka. membuat harga band ini menurun dan

Band ketiga yang masuk dalam daftar band dengan bayaran termahal adalah peterpan atau yang sekarang telah berganti nama menjadi Noah. Meskipun sang vokalis, Ariel, sempat dipenjara beberapa saat untuk sebuah kasus, hal ini tidak menyurutkan antusiasme fansnya untuk tetap menikmati musik yang disuguhkan oleh band ini. Tidak heran kalo sampai saat ini, Noah masih membandrol tarif manggung sekitar 400 juta untuk sekali tampil.

Posisi keempat dan kelima dalam daftar ini dipegang oleh band Ungu dan Nidji. Kedua band ini sudah cukup lama malang melintang di industri musik tanah air dan membuktikan keeksisannya dengan banyaknya fans yang mereka miliki. Kepopuleran mereka membuat mereka tidak hanya berprofesi sebagai pemusik saja, tetapi mereka juga dildaulat sebagai bintang iklan untuk produk yang berbeda. Tidak heran jika Ungu membandrol tarif sekitar 350 juta untuk sekali show dan Nidji sekitar 280 juta untuk sekali show.