Ketika anda ingin menikah, maka ada serentetan hal-hal yang perlu anda siapkan sebelum hari pernikahan dan seringkali hal inilah yang membuat pasangan calon pengantin menjadi stress. Nah untuk menghindari hal ini terjadi pada anda, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu tentang apa saja yang perlu anda persiapkan sebelum menikah sehingga anda akan lebih matang dan siap untuk menghadapinya. Misalnya seperti tips-tips di bawah ini.

Persiapan Mental

Bicara mengenai persiapan pernikahan tidak hanya berbicara persiapan secara fisik saja, tetapi juga persiapan mental dari kedua calon mempelai. Seringkali, kedua calon mempelai lupa untuk menyiapkan kondisi mental mereka sebelum menikah sehingga mereka kaget dengan kehidupan setelah pernikahan. Jika dalam agama anda ada bimbingan pra-nikah dan semacamnya, maka a sebaiknya anda mengikuti bimbingan tersebut bersama dengan pasangan. Atau jika tidak ada, anda bisa meminta siraman rohani dari pemimpin agama anda mengenai seluk beluk pernikahan. Hal-hal seperti ini sangatlah penting untuk mempersiapkan mental anda menjalani sebuah pernikahan. Karena jika anda tidak memiliki mental yang kuat, anda pasti akan menyerah di tengah jalan ketika muncul banyak permasalahan dalam pernikahan anda.

Persiapan Fisik

Persiapan fisik yang dimaksud disini tidak hanya terfokus pada persiapan jasmani anda saja, tetapi juga perlengkapan hari pernikahan seperti gedung, undangan, catering dan lain-lain. hal pertama yang bisa anda lakukan dalam persiapan fisik adalah medical check up. Langkah ini sebenarnya bukanlah suatu keharusan, melainkan lebih pada kesepakatan kedua belah pihak. Jika anda dan pasangan tidak menginginkannya, anda bisa melewati tahap ini dan langsung menuju persiapan nomor dua yaitu menentukan tanggal pernikahan. Tanggal pernikahan bisa ditetapkan berdasarkan kesepakatan kedua keluarga. Sebaiknya anda memilih tanggal pernikahan yang jatuh pada hari sabtu atau minggu, karena kedua hari ini merupakan hari dimana biasanya tamu undangan libur bekerja sehingga mereka bisa menghadiri pernikahan anda.

Ketiga adalah mendaftar jumlah tamu undangan. Besarnya porsi jumlah tamu undangan ini juga bisa dibicarakan berdasarkan kesepakatan dua keluarga. Catatlah seluruh keluarga, teman dan kolega yang anda ingin undang dan jangan sampai ada yang terlewat. Namun, tetap sesuaikan jumlahnya dengan target dan budget yang anda miliki. Keempat, memilih gedung, catering dan dekorasi. Ketiga hal ini sangatlah penting untuk mendukung acara pernikahan anda. Untuk gedung, anda bisa memesannya dari jauh jauh hari terutama jika anda memilih tanggal cantik yang juga menjadi pilihan banyak calon pengantin lain. Sedangkan untuk catering dan dekorasi, anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman-teman terdekat yang sudah pernah memakai jasanya. Jangan lupa juga untuk mencicipi contoh menu yang disediakan oleh catering untuk memastikan jika masakannya sesuai dengan selera anda.

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk persiapan pernikahan adalah perawatan tubuh. Anda bisa melakukan pemijatan, spa atau ratus seminggu menjelang hari pernikahan anda. Hal ini akan sangat berguna untuk membantu anda merasa rileks.