Mungkin belum banyak ibu yang mengetahui bahwa ternyata madu memiliki dampak yang negatif untuk tubuh anak anda terutama jika diberikan pada anak yang masih berumur dibawah satu tahun. Tidak salah jika anda beranggapan bahwa jika anda memberikan madu pada anak anda sedini mungkin akan memberikan khasiat yang lebih baik mengingat begitu besar manfaat madu yang dapat kita peroleh. Sudah tidak dapat disanksikan lagi manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia. Madu dipercaya dan sudah terbukti mampu memberikan daya tahan tubuh yang lebih bagi anda yang rajin mengkonsumsinya, namun tanpa anda sadari, ternyata memberikan madu untuk anak dibawah umur satu tahun justru akan membawa dampak buruk bagi kesehatan anak anda.

Madu berbahaya untuk bayi

Dampak Negatif Madu Bagi Anak di Bawah Usia Satu Tahun

photo by webmd

Hal ini sudah diuji dan memang terbukti kebenarannya. Berdasarkan sebuah penelitian medis, madu tidak baik untuk dikonsumsi anak di bawah satu tahun karena memiliki kandungan spora bakteri yang berbahaya bagi mereka. Spora bakteri itu bernama Clostridium botulinum. Jenis spora bakter semacam ini jika dikonsumsi oleh anak di bawah umur satu tahun akan memberikan dampak yang cukup berbahaya karena ternyata bakteri tersebut berpotensi untuk mengasilkan racun. Jika dikonsumsi oleh bayi, maka akan ada resiko bayi tersebut terkena penyakit infant botulism.  Kasus bayi yang terjangkit dampak negatif madu ini memang masih jarang terjadi, namun sekali terjadi akan sangat berbahaya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari penyakit ini untuk merusak sistem syaraf pada bayi dan sangat besar kemungkinan bagi penderitanya untuk mengalami kematian. Akan ada kelumpuhan otot yang terjadi pada tubuh bayi yang terjangkit penyakit ini dan akan nampak beberapa gejala seperti tidak bisa buang air besar, lengan tangan dan kaku terasa lemas, menangis dengan rintihan yang lemah, bayi tidak mampu untuk menghisap susu baik dari dot maupun dari puting, kemudian bayi juga akan tampak lesu.

Pastikan waktu yang tepat untuk memberi madu

Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa resiko kematian bisa terjadi dalam kurun waktu 24 jam saja. Mengingat akibat yang dapat menjadi sedemikian fatalnya, maka mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati dalam memberikan asupan pada anak anda terutama untuk makanan atau minuman yang mengandung madu atau madu langsung. Selain pada madu, jenis bakteri ini juga sering  terdapat pada makanan yang dimasak dalam keadaan setengah matang. Karena dalam sistem pencernaan bayi belum ada cukup banyak jumlah bakteri baik  yang dapat melawan keberadaan bakteri Clostridium botulinum tersebut, tidak seperti sistem cerna pada orang dewasa. Madu memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia, namun anda juga harus tau kapan waktu yang tepat untuk memberikannya pada anak anda sehingga anda dapat menghindarkan resiko terburuk yang mungkin terjadi pada anak anda.