Foundation adalah dasar makeup yang berguna untuk meratakan warna kulit untuk dasar riasan Anda. Dengan foundation, Anda bisa mengenakan riasan dengan warna kulit wajah yang merata, sehingga riasan akan tampak sempurna dan menyatu dengan kulit Anda. Tentu saja, ada banyak jenis foundation yang bisa Anda temukan di pasaran. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua jenis foundation bisa aman digunakan oleh Anda. Karena ada beberapa jenis foundation yang hanya cocok digunakan untuk tipe kulit tertentu. Untuk tipe kulit, ada jenis wajah yang normal, kering, dan berminyak. Salah memilih foundation akan membuat makeup Anda tidak terlihat sempurna dan malah akan tampak pecah-pecah setelah beberapa lama. Selain itu, Anda juga harus memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit Anda. Apabila Anda menggunakan foundation yang cocok, itu akan membangkitkan rona wajah, meratakan warna kulit, dan menyembunyikan masalah kulit dengan sempurna. Berikut adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih foundation.

Langkah-Langkah Pertama

Pertama, coba langsung foundation pada kulit wajah untuk melihat kecocokannya dengan warna kulit Anda. Banyak orang biasanya mencoba foundation pada kulit tangan atau lengan. Namun, amat disarankan untuk langsung mencobanya pada kulit wajah karena kulit wajah dan kulit tubuh warnanya berbeda. Bisa dilihat dari seringnya orang memperhatikan perawatan wajah ketimbang perawatan tubuh. Ini membuat kulit wajah biasanya lebih cerah dari kulit tubuh. Untuk itu, Anda bisa mencoba foundie pada bagian rahang, oleskan, dan mundur beberapa langkah dari kaca untuk melihat apakah foundation itu menyatu sempurna dengan kulit wajah Anda. Yang kedua, Anda juga bisa mengecek langsung kecocokannya di bawah sinar matahari. Ini karena apabila foundation dilihat dibawah cahaya lampu neon, bisa saja terlihat cocok namun sebenarnya tidak karena cahaya neon bisa membuat kulit wajah Anda tampak kusam dan mengaburkan warna yang sebenarnya.

Langkah Selanjutnya

Berikutnya, Anda disarankan untuk mengenakan baju atasan berwarna putih saat membeli foundation. Ini karena warna-warna terang akan memberikan refleksi tertentu pada wajah Anda dan akan membuat tone nya sedikit berubah. Maka dari itu, untuk mempertahankan keaslian tone wajah Anda, disarankan untuk memakai atasan putih karena putih bisa merefleksikan warna kulit apa adanya. Selain itu, atasan tersebut juga harus memiliki bukaan yang cukup lebar pada bagian leher, sehingga Anda juga bisa mengaplikasikan foundation tadi ke bagian leher dan dada Anda untuk melihat hasilnya. Ini karena ada saat dimana Anda harus mengaplikasikan foundation sampai ke bagian dada apabila Anda mengenakan baju yang agak terbuka untuk acara acara formal. Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda bisa mendapatkan foundation yang tepat sesuai dengan tone wajah Anda.