Kamar tidur adalah tempat pribadi yang seharusnya memberikan suasana yang diharapkan. Ada banyak cara untuk mendesain kamar tidur. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semudah itu untuk mendesain kamar tidur remaja. Ini karena remaja membutuhkan banyak hal sebagai aksesori untuk mengungkapkan ekspresinya terhadap sesuatu. Keadaan jadi makin sulit jika kamar yang digunakan terbilang mungil. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan kamar yang nyaman dan sesuai dengan keinginan anak remaja Anda. Yang penting, pastikan bahwa kamar anak remaja Anda tidak terdapat banyak pernak-pernik kecil, karena seperti kebiasaan remaja, akan sulit bagi mereka untuk meletakkan barang pada tempatnya sehingga kemungkinan besar akan hilang dan susah ditemukan. Apabila memang banyak pernak-pernik untuk disimpan, maka Anda harus menyiapkan tempat, seperti laci atau rak untuk menyimpan beragam jenis aksesori dan barang-barang mereka.

Dekorasi dan Permainan Warna

Untuk dekorasi, tentunya Anda harus berdiskusi dengan anak remaja Anda dan pastikan bahwa kamar mereka bisa merepresentasikan diri mereka seutuhnya. Tidak ada salahnya untuk menempelkan poster penyayi atau band favorit mereka di dinding. Namun, pastikan bahwa Anda mengaturnya dengan cara yang artistik. Sebagai contoh, Anda bisa menempelkan poster-poster tersebut membentuk kolase pada dinding kamar. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu jenis gambar. Sebagai contoh, satukan beragam minat dan kesukaan anak Anda. Apabila mereka menggemari alam, sains, buku, film, atau apapun, cari gambar-gambar dari hal favorit mereka tersebut dan satukan dalam sebuah kolase dinding. Untuk warna kamar, disarankan Anda memilih warna putih. Ini karena warna putih akan memberikan efek yang meluaskan pada ruangan mungil. Hindari campuran warna-warna terang dan mencolok. Selain itu, hindari juga warna-warna gelap karena itu akan membuat kamar anak Anda yang mungil terlihat sebagai gua. Gunakan wallpaper dengan warna-warna lembut pada sebagian sisi dinding kamar, bisa di sisi atas saja atau bawah saja.

Pemilihan Furnitur

Untuk furnitur sendiri, Anda bisa memilih set barang yang tahan lama. Ini karena remaja biasanya ceroboh terhadap barang-barang mereka. Maka dari itu, Anda harus memilihkan set barang yang tidak mudah rusak. Set dari stainless steel atau kayu yang kokoh bisa menjadi pilihan yang baik. Selain itu, untuk kamar yang mungil, Anda juga harus memilih set barang yang multi fungsi. Sebagai contohnya, tempat tidur juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti foto atau rak buku. Pada bagian headboard, Anda bisa gunakan rak buku alih-alih headboard. Atau, pilihlah bangku yang bisa menyimpan barang-barang pada bawah tutupnya. Yang paling penting, aturlah penempatan furnitur sebijak mungkin, pilihlah furnitur yang benar-benar penting dan mendasar untuk sebuah kamar dan hindari barang-barang yang tidak terlalu penting.