Anak adalah berkat dan karunia daru Tuhan yang harus kita jaga dan didik dengan sebaik-baiknya. Sebagai karunia dari Tuhan anda perlu untuk menanamkan budi pekerti luhur pada anak sedari dini. Dengan menanamkan nilai-nilai tersebut sedari kecil maka anak akan terbiasa dan akan mudah untuk menimplementasikan dalam kehidupan mereka kelak. Saat kecil dapat diibaratkan bahwa otak anak kecil layaknya sebuah spons. Seperti kita ketahui bahwa spons akan menyerap cairan yang ada di sekitarnya dengan cepat. Hal ini jugalah yang terjadi dengan anak anda ketika mereka kecil. Mereka akan menyerap apa yang diajarkan kepada mereka dan akan menjadikan hal tersebut sebagai acuan untuk menjalanan kehidupan mereka kelak. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk menanamkan nilai-nilai luhur kehidupan kepada anak sedari dini. Sopan santun adalah sebuah nilai luhur yang hasu anda tanamkan kepada anak anda sedari kecil. Sopan santun akan sanat berguna untuk membentuk karakter mereka sebagai orang yang memiliki etika kelak.

Mengajarkan Soapn Santun pada Anak dengan Memberikan Contoh Langsung

Cara paling efektif untuk mengajarkan sopan santun kepada anak adalah dengan mencontohkan langsung. Perbuatan dan tingkah laku orang tua akan dengan mudah untuk diikuti oleh anak. Setiap hari mereka akan merekam apa saja yagn dilakukan oleh anda. Cara yang tepat untuk menyikapinya adalah dengan selaku bersikap santun dimanapun adan berada. Misalnya ketika anda bertemu dengan orang yang lebih tua, biasakan untuk menggunakan kalimat yang sopan dan santun ketika berbicara. Selain itu anda juga dapat memulai dari lingkup keluarga terkecil anda. anda dapat mulai untuk berbicara dengan halus kepada pasangan. Berilah contoh semua hal yang sekiranya dapat menjadi teladan bagi buah hati anda. Biasakan untuk tidak membentak anggota keluarga ketika anda sedang bersama dengan buah hati anda. Membentak akan membentuk pribadi anak anada menjadi seseorang yang keras. Dia akan menjadi terbiasa untuk berkata kasar yang tentu saja tidak sopan. Karena hal itu alangkah bijak jika anda menggunakan tutur kata yang halus dan sopan dalam keseharian anda.

Mengajarkan Anak Cara untuk Berterima Kasih

Berterima kasih adalah salah satu budaya baik yang termasuk dalam etika kesopanan. Untuk itu biasakan anak anda untuk mengucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan atau pertolongan. Selain itu ajarkan kepada anak untuk selalu menggunakan katak tolong ketika hendak meminta bantuan kepada orang lain. Cara tersebut adalah salah satu tata krama dasar yang harus dimiliki setiap orang. Cara ini dapat membentuk anak menjadi pribadi santun sehingga dapat menghargai orang lain. Contoh langsung dan mengajarkan etika dasar soan santun adalah cara bijak yang dapat anda tempuh untuk mengajarkan nilai-nilai sopan santun kepada anak.