Semua orang tentu ingin merasa bahagia dan menikah dengan orang yang dicintainya. Namun, tidak semua pasangan seberuntung itu. Ada banyak pasangan yang tidak bisa menikah karena terganjal restu dari orang tua. Mereka tidak bisa melangkah ke jenjang pernikahan, karena orangtua dari satu pihak atau bahkan dari kedua belah pihak tidak merestui hubungan tersebut. Padahal restu orangtua sangatlah penting dan dibutuhkan agar sesorang bisa melangsungkan pernikahan. Sebenarnya, apa alasan dibalik ketidaksetujuan orangtua pada suatu hubungan? Lalu bagaimana cara mengatasi hubungan tanpa restu? Jika anda dan pasangan adalah salah satu yang menghadapi permasalahan ini, maka ulasan di bawah ini mungkin berguna bagi anda.

Alasan di Balik Ketidaksetujuan Orangtua

Mengetahui alasan orangtua mengapa mereka tidak menyetujui hubungan antara anda dan pasangan sangatlah penting. Dengan begini, anda bisa mencari cara untuk mengatasinya karena anda sudah mengetahui akar permasalahannya. Namun memang ada beberapa alasan di balik ketidaksetujuan orangtua yang sangat susah untuk dihadapi karena bersangkutan dengan masalah prinsip.

Alasan yang paling umum mengapa orangtua tidak menyetujui sebuah hubungan adalah permasalahan agama. Masalah yang satu ini memang masalah yang sangat prinsipil dan sangat sulit untuk diatasi, karena menyangkut kepercayaan masing-masing orang. Di Indonesia ini, masalah agama menjadi sangat penting bagi kebanyakan orang dan kebanyakan orang tua pun tidak akan suka ketika anak mereka harus berpindah agama karena mengikuti pasangannya.

Alasan yang kedua adalah karena latar belakang dan status keluarga. Beberapa orang tua masih berpikiran ketat mengenai status dan latar belakang keluarga. Mereka beranggapan bahwa sangatlah penting untuk menimbang bobot, bibit dan bebet dari calon menantunya dan menyesuaikannya dengan kriteria yang mereka inginkan.

Ketiga, perbedaan umur. Perbedaan umur yang terlalu jauh terkadang juga bisa menghambat turunnya restu dari orangtua, terutama jika sang wanita jauh lebih tua dibandingkan dengan prianya. Banyak orang di Indonesia masih menganggap bahwa menikah dengan wanita yang jauh lebih tua merupakan sesuatu yang tidak lazim dilakukan.

Keempat, status pernikahan dari pasangan. Jika seseorang ingin menikah dengan janda atau duda, biasanya orang tua kurang setuju dengan hal ini. Penyebabnya adalah pemikiran orang tua yang masih kurang terbuka dan kurang bisa menerima perbedaan status yang ada.

Cara Mendapatkan Restu dari Orang Tua

Setelah mengetahui alasan mengapa orang tua tidak menyetujui hubungan anda, anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Jika alasannya bukanlah sesuatu yang terlalu prinsipil, anda bisa memberikan pengertian kepada mereka secara perlahan-lahan. Jangan langsung memaksakan diri untuk mendapatkan restu dari orang tua secara instan. Lakukan setahap demi setahap agar kekerasan hati mereka bisa lebih mencair. Tunjukkan bahwa anda dan pasangan memang serius dalam menjalin hubungan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Anda juga bisa membawa pasangan anda masuk ke dalam keluarga secara perlahan-lahan. Perkenalkan pasangan anda pada keluarga inti dan juga keluarga besar anda, supaya mereka bisa melihat sisi baik dari pasangan. Namun jika masalah hubungan tanpa restu lebih menjurus ke arah yang prinsipil, anda bisa membicarakannya secara baik-baik dengan orang tua. Jangan marah dan menganggap orang tua anda tidak pengertian, karena sikap ini justru akan membuat orang tua semakin mengeraskan hati. Berikan pengertian pada mereka bahwa anda sudah cukup dewasa untuk menentukan pilihan dan katakan pada mereka bahwa hal tersebut bukan berarti anda tidak menghargai keberadaan mereka. Dengan cara yang lembut dan sopan, niscaya orang tua anda akan luluh dan merestui hubungan anda dan pasangan.